Bahasa
Indonesia
|
Basa
Jawi
|
Pengaruh
Sastra Terhadap Bahasa
|
Pangaribawaning
Sastra tumrap Basa
|
Bahasa
tidak hanya mempunyai hubungan dengan budaya, tetapi juga sastra. Bahasa
memunyai peranan yang penting dalam sastra karena bahasa punya andil besar
dalam mewujudkan ide/keinginan penulisnya. Banyak hal yang bisa tertuang
dalam sebuah sastra, baik itu puisi, novel, roman, bahkan drama. Setiap
penulis karya sastra hidup dalam zaman yang berbeda, dan perbedaan zaman inilah
yang turut ambil bagian dalam menentukan warna karya sastra mereka. Oleh
karena itu, ada beberapa periode dalam penulisan karya sastra, seperti Balai
Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 66, dan sebagainya. Setiap
periode "mengangkat" latar belakang yang berbeda-beda sesuai zaman
dan budaya saat itu.
|
Basa menika gadhah sesambetan kaliyan
budaya ugi sastra. Basa menika
wujud saking gagasanipun panyerat.
Karya sastra saged
awujud geguritan, novel, cerkak, sandiwara, lan sapanunggalanipun. Panyerat
karya sastra gesang wonten ing jaman ingkang beda-beda. Beda menika ingkang namtokaken
karya sastranipun. Karya sastra menika Balai
Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan Baru, Angkatan 45, lan sapanunggalanipun.
Saben karya sastra menika bektakaken latar ingkang beda-beda.
|
Sebagai
contoh, kesusastraan Indonesia. Kesusastraan Indonesia menjadi potret sosial
budaya masyarakat Indonesia. Tidak jarang, kesusastraan Indonesia
mencerminkan perjalanan sejarah Indonesia, "kegelisahan" kultural,
dan manifestasi pemikiran Bangsa Indonesia. Misalnya, kesusatraan zaman Balai
Pustaka (1920 -- 1933). Karya-karya sastra pada zaman itu menunjukkan problem
kultural ketika Bangsa Indonesia dihadapkan pada budaya Barat. Karya sastra
tersebut memunculkan tokoh-tokoh (fiksi) yang mewakili golongan tua
(tradisional) dan golongan muda (modern). Selain itu, ada budaya
"lama", seperti masalah adat perkawinan dan kedudukan perempuan
yang mendominasi novel Indonesia pada zaman Balai Pustaka. Sekarang ini,
novel Indonesia cenderung menyajikan konflik cinta, sains, kekeluargaan,
dll..
|
Sastra Indonesia dados gambaran saking gesang sosial budaya masarakat Indonesia, nggambaraken sejarahipun bangsa
Indonesia, babagan
adat istiadat, krama, lan sapanunggalanipun. Wonten ing jaman samenika karya sastra
asring nyariosaken babagan katresnan, kulawarga, sains, lan
sapanunggalanipun. Karya sastra Indonesia ugi wonten ingkang sampun kecampur kaliyan budaya
sanes. Jaman samenika tiyang estri ingkang dados
paraga utama wonten
ing karya sastra.
|
Bagaimana
pendapat Anda mengenai puisi zaman sekarang? Tentu saja ada perbedaan yang
sangat kentara, baik dalam topik yang "diangkat" maupun bahasa yang
digunakan. Sebagai contoh, kumpulan puisi Mbeling karya Remy Sylado, tahun 2005.
Sebagian besar puisi Mbeling yang ia tulis mengangkat kehidupan politik pada
saat itu, seperti korupsi, koruptor, individualisme, dll.. Secara penulisan,
beberapa puisi karya Remy Sylado hanya terdiri 1 -- 2 kata saja dan disusun
dengan tipografi yang unik. Misal, puisi berjudul "Individualisme dalam
Kolektivisme". Puisi ini hanya terdiri dari kata "kita" dan
"aku". Kedua kata ini disusun dengan pola membentuk persegi
panjang, dengan kata "AKU" (kapital) pada titik diagonalnya. Jika
dibandingkan dengan puisi pada zaman Muhammad Yamin, tentu mengalami
perbedaan. Meskipun mengangkat tema yang sama, misalnya politik, tetapi
konten penyajian puisi sangatlah berbeda. Puisi Muhammad Yamin lebih
mengangkat sisi perumusan konsep kebangsaan, meskipun saat itu masih dalam
lingkup Sumatera. Jelas sangat berbeda dengan puisi Remy Sylado, yang lebih
condong menyajikan sisi kehidupan politik sebuah bangsa berkembang dengan
kondisi pemerintahan yang kurang baik.
|
Karya sastra sanesipun inggih menika geguritan. Jaman samenika geguritan gadhah tetandhingan,
inggih menika saking irah-irahanipun ugi basa ingkang dipunginakaken. Tuladha,
geguritan Mbeling dening Remy Sylado, taun 2005. Geguritan menika
ngemot unsur politik, kadosta korupsi, koruptor, saha individualism. Geguritan menika
namung dipunserat saking 1-2 tembung
saha kanthi tipografi ingkang unik. Tuladha sanesipun inggih menika geguritan
ingkang irah-irahanipun “Individualisme dalam Kolektivisme. Geguritan menika namung saking tembung
“kita” saha “aku”. Tembung
menika dipunsungsun kanthi pola ingkang wujudipun persegi panjang. Menawi
dipun tandhingaken kaliyan geguritan ing jamanipun Muhammad Yamin, tamtu
kemawon wonten tetandhinganipun. Senadyan temanipun sami, ananging wosipun beda.
|
Perbedaan
karya sastra setiap periode bukanlah semata-mata karena ide/gagasan dari
penulisnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh kondisi sosial, politik, dan
budaya yang terjadi pada saat itu. Bahkan, jika kita mau merunut karya sastra
dari awal sampai sekarang, dan meneliti lebih dalam mengenai latar belakang
ideologi saat itu, kita bisa mendapati bagaimana proses perjalanan Bangsa
Indonesia. Meskipun karya sastra di Indonesia bisa dibilang hampir pada
posisi "tengah" -- tidak terlalu menonjol dan tidak terpuruk, namun
perlu disadari bahwa budaya barat sedikit demi sedikit, dari waktu ke waktu,
turut memengaruhi karya sastra Indonesia. Sekarang sastra lama hanya menjadi
artefak karena telah tercampur dengan budaya barat.
|
Tetandhingan
karya sastra saben wekdal menika ugi dipunpangaribawani saking kahanan
sosial, politik, saha budaya ingkang wonten ing jaman samenika. Karya sastra saking wiwitan menika
saged paring pangertosan
kadospundi kahananan ideologi saha kadospundi sejarahipun bangsa Indonesia.
Budaya saking njawi menika
paring pangaribawa dhateng budaya Indonesia piyambak , satemah sastra lami menika namung dados
artefak .
|
Budaya dan
sastra memunyai ketergantungan satu sama lain. Sastra sangat dipengaruhi oleh
budaya, sehingga segala hal yang terdapat dalam kebudayaan akan tercermin di
dalam sastra. Masinambouw mengatakan bahwa sastra (bahasa) dan kebudayaan
merupakan dua sistem yang melekat pada manusia. Jika kebudayaan adalah sistem
yang mengatur interaksi manusia di dalam masyarakat, bahasa (sastra) adalah
suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana berlangsungnya suatu interaksi.
|
Budaya
mangaribawani sanget dhateng sastra. Sedaya perkawis
ingkang wonten ing kabudayan saged dipuntingali wonten ing karya sastranipun. Masinambouw
ngendika sastra (basa) saha kabudayan inggih menika sistem ingkang raket
kaliyan manungsa. Kabudayan inggih
menika sistem ingkang ngatur gayutanipun
manungsa wonten ing masarakat, menawi basa (sastra) inggih menika
sistem kangge srana supados gegayutan
menika saged mlampah kanthi sae.
|
Selasa, 21 Maret 2017
PERBAIKAN 2
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar