Selasa, 21 Maret 2017

PERBAIKAN 2

Bahasa Indonesia
Basa Jawi
Pengaruh Sastra Terhadap Bahasa
Pangaribawaning Sastra tumrap Basa
Bahasa tidak hanya mempunyai hubungan dengan budaya, tetapi juga sastra. Bahasa memunyai peranan yang penting dalam sastra karena bahasa punya andil besar dalam mewujudkan ide/keinginan penulisnya. Banyak hal yang bisa tertuang dalam sebuah sastra, baik itu puisi, novel, roman, bahkan drama. Setiap penulis karya sastra hidup dalam zaman yang berbeda, dan perbedaan zaman inilah yang turut ambil bagian dalam menentukan warna karya sastra mereka. Oleh karena itu, ada beberapa periode dalam penulisan karya sastra, seperti Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 66, dan sebagainya. Setiap periode "mengangkat" latar belakang yang berbeda-beda sesuai zaman dan budaya saat itu.
       Basa menika gadhah sesambetan kaliyan budaya ugi sastra. Basa menika wujud saking gagasanipun panyerat. Karya sastra  saged awujud geguritan, novel, cerkak, sandiwara, lan sapanunggalanipun. Panyerat karya sastra gesang wonten ing jaman ingkang beda-beda.  Beda  menika ingkang namtokaken karya sastranipun. Karya sastra menika Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan Baru, Angkatan 45, lan sapanunggalanipun. Saben karya sastra menika bektakaken latar ingkang beda-beda.
Sebagai contoh, kesusastraan Indonesia. Kesusastraan Indonesia menjadi potret sosial budaya masyarakat Indonesia. Tidak jarang, kesusastraan Indonesia mencerminkan perjalanan sejarah Indonesia, "kegelisahan" kultural, dan manifestasi pemikiran Bangsa Indonesia. Misalnya, kesusatraan zaman Balai Pustaka (1920 -- 1933). Karya-karya sastra pada zaman itu menunjukkan problem kultural ketika Bangsa Indonesia dihadapkan pada budaya Barat. Karya sastra tersebut memunculkan tokoh-tokoh (fiksi) yang mewakili golongan tua (tradisional) dan golongan muda (modern). Selain itu, ada budaya "lama", seperti masalah adat perkawinan dan kedudukan perempuan yang mendominasi novel Indonesia pada zaman Balai Pustaka. Sekarang ini, novel Indonesia cenderung menyajikan konflik cinta, sains, kekeluargaan, dll..
      Sastra Indonesia  dados gambaran saking gesang sosial budaya  masarakat Indonesia, nggambaraken sejarahipun bangsa Indonesia, babagan adat istiadat, krama, lan sapanunggalanipun.  Wonten ing jaman samenika karya sastra asring nyariosaken babagan katresnan, kulawarga, sains, lan sapanunggalanipun.  Karya sastra Indonesia ugi wonten ingkang sampun kecampur kaliyan budaya sanes. Jaman samenika tiyang estri ingkang dados paraga utama wonten ing karya sastra.
Bagaimana pendapat Anda mengenai puisi zaman sekarang? Tentu saja ada perbedaan yang sangat kentara, baik dalam topik yang "diangkat" maupun bahasa yang digunakan. Sebagai contoh, kumpulan puisi Mbeling karya Remy Sylado, tahun 2005. Sebagian besar puisi Mbeling yang ia tulis mengangkat kehidupan politik pada saat itu, seperti korupsi, koruptor, individualisme, dll.. Secara penulisan, beberapa puisi karya Remy Sylado hanya terdiri 1 -- 2 kata saja dan disusun dengan tipografi yang unik. Misal, puisi berjudul "Individualisme dalam Kolektivisme". Puisi ini hanya terdiri dari kata "kita" dan "aku". Kedua kata ini disusun dengan pola membentuk persegi panjang, dengan kata "AKU" (kapital) pada titik diagonalnya. Jika dibandingkan dengan puisi pada zaman Muhammad Yamin, tentu mengalami perbedaan. Meskipun mengangkat tema yang sama, misalnya politik, tetapi konten penyajian puisi sangatlah berbeda. Puisi Muhammad Yamin lebih mengangkat sisi perumusan konsep kebangsaan, meskipun saat itu masih dalam lingkup Sumatera. Jelas sangat berbeda dengan puisi Remy Sylado, yang lebih condong menyajikan sisi kehidupan politik sebuah bangsa berkembang dengan kondisi pemerintahan yang kurang baik.
    Karya sastra sanesipun inggih menika geguritan.  Jaman samenika geguritan gadhah tetandhingan, inggih menika saking irah-irahanipun ugi basa ingkang dipunginakaken. Tuladha, geguritan Mbeling dening Remy Sylado, taun 2005. Geguritan menika ngemot unsur  politik, kadosta korupsi, koruptor, saha individualism. Geguritan menika namung dipunserat  saking 1-2 tembung saha kanthi tipografi ingkang unik. Tuladha sanesipun inggih menika geguritan ingkang irah-irahanipun “Individualisme dalam Kolektivisme.  Geguritan menika namung saking tembung “kita” saha “aku”. Tembung menika dipunsungsun kanthi pola ingkang wujudipun persegi panjang. Menawi dipun tandhingaken kaliyan geguritan ing jamanipun Muhammad Yamin, tamtu kemawon wonten tetandhinganipun. Senadyan temanipun sami, ananging wosipun beda.
Perbedaan karya sastra setiap periode bukanlah semata-mata karena ide/gagasan dari penulisnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh kondisi sosial, politik, dan budaya yang terjadi pada saat itu. Bahkan, jika kita mau merunut karya sastra dari awal sampai sekarang, dan meneliti lebih dalam mengenai latar belakang ideologi saat itu, kita bisa mendapati bagaimana proses perjalanan Bangsa Indonesia. Meskipun karya sastra di Indonesia bisa dibilang hampir pada posisi "tengah" -- tidak terlalu menonjol dan tidak terpuruk, namun perlu disadari bahwa budaya barat sedikit demi sedikit, dari waktu ke waktu, turut memengaruhi karya sastra Indonesia. Sekarang sastra lama hanya menjadi artefak karena telah tercampur dengan budaya barat.
Tetandhingan karya sastra saben wekdal menika ugi dipunpangaribawani saking kahanan sosial, politik, saha budaya ingkang wonten ing jaman samenika.  Karya sastra saking wiwitan menika saged paring pangertosan kadospundi kahananan ideologi saha kadospundi sejarahipun bangsa Indonesia. Budaya saking njawi menika paring pangaribawa dhateng budaya Indonesia piyambak , satemah sastra lami menika namung dados artefak .
Budaya dan sastra memunyai ketergantungan satu sama lain. Sastra sangat dipengaruhi oleh budaya, sehingga segala hal yang terdapat dalam kebudayaan akan tercermin di dalam sastra. Masinambouw mengatakan bahwa sastra (bahasa) dan kebudayaan merupakan dua sistem yang melekat pada manusia. Jika kebudayaan adalah sistem yang mengatur interaksi manusia di dalam masyarakat, bahasa (sastra) adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana berlangsungnya suatu interaksi.
Budaya mangaribawani sanget dhateng sastra.  Sedaya perkawis ingkang wonten ing kabudayan saged dipuntingali wonten ing karya sastranipun. Masinambouw ngendika sastra (basa) saha kabudayan inggih menika sistem ingkang raket kaliyan manungsa.  Kabudayan inggih menika sistem ingkang ngatur gayutanipun  manungsa wonten ing masarakat, menawi basa (sastra) inggih menika sistem kangge srana supados gegayutan menika saged mlampah kanthi sae.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar