Senin, 27 Februari 2017

NYERAT KARYA ILMIAH 1

Pengaruh Budaya Terhadap Sastra
Bahasa tidak hanya mempunyai hubungan dengan budaya, tetapi juga sastra. Bahasa memunyai peranan yang penting dalam sastra karena bahasa punya andil besar dalam mewujudkan ide/keinginan penulisnya. Banyak hal yang bisa tertuang dalam sebuah sastra, baik itu puisi, novel, roman, bahkan drama. Setiap penulis karya sastra hidup dalam zaman yang berbeda, dan perbedaan zaman inilah yang turut ambil bagian dalam menentukan warna karya sastra mereka. Oleh karena itu, ada beberapa periode dalam penulisan karya sastra, seperti Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 66, dan sebagainya. Setiap periode "mengangkat" latar belakang yang berbeda-beda sesuai zaman dan budaya saat itu.
Sebagai contoh, kesusastraan Indonesia. Kesusastraan Indonesia menjadi potret sosial budaya masyarakat Indonesia. Tidak jarang, kesusastraan Indonesia mencerminkan perjalanan sejarah Indonesia, "kegelisahan" kultural, dan manifestasi pemikiran Bangsa Indonesia. Misalnya, kesusatraan zaman Balai Pustaka (1920 -- 1933). Karya-karya sastra pada zaman itu menunjukkan problem kultural ketika Bangsa Indonesia dihadapkan pada budaya Barat. Karya sastra tersebut memunculkan tokoh-tokoh (fiksi) yang mewakili golongan tua (tradisional) dan golongan muda (modern). Selain itu, ada budaya "lama", seperti masalah adat perkawinan dan kedudukan perempuan yang mendominasi novel Indonesia pada zaman Balai Pustaka. Sekarang ini, novel Indonesia cenderung menyajikan konflik cinta, sains, kekeluargaan, dll..
Bagaimana pendapat Anda mengenai puisi zaman sekarang? Tentu saja ada perbedaan yang sangat kentara, baik dalam topik yang "diangkat" maupun bahasa yang digunakan. Sebagai contoh, kumpulan puisi Mbeling karya Remy Sylado, tahun 2005. Sebagian besar puisi Mbeling yang ia tulis mengangkat kehidupan politik pada saat itu, seperti korupsi, koruptor, individualisme, dll.. Secara penulisan, beberapa puisi karya Remy Sylado hanya terdiri 1 -- 2 kata saja dan disusun dengan tipografi yang unik. Misal, puisi berjudul "Individualisme dalam Kolektivisme". Puisi ini hanya terdiri dari kata "kita" dan "aku". Kedua kata ini disusun dengan pola membentuk persegi panjang, dengan kata "AKU" (kapital) pada titik diagonalnya. Jika dibandingkan dengan puisi pada zaman Muhammad Yamin, tentu mengalami perbedaan. Meskipun mengangkat tema yang sama, misalnya politik, tetapi konten penyajian puisi sangatlah berbeda. Puisi Muhammad Yamin lebih mengangkat sisi perumusan konsep kebangsaan, meskipun saat itu masih dalam lingkup Sumatera. Jelas sangat berbeda dengan puisi Remy Sylado, yang lebih condong menyajikan sisi kehidupan politik sebuah bangsa berkembang dengan kondisi pemerintahan yang kurang baik.
Perbedaan karya sastra setiap periode bukanlah semata-mata karena ide/gagasan dari penulisnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh kondisi sosial, politik, dan budaya yang terjadi pada saat itu. Bahkan, jika kita mau merunut karya sastra dari awal sampai sekarang, dan meneliti lebih dalam mengenai latar belakang ideologi saat itu, kita bisa mendapati bagaimana proses perjalanan Bangsa Indonesia. Meskipun karya sastra di Indonesia bisa dibilang hampir pada posisi "tengah" -- tidak terlalu menonjol dan tidak terpuruk, namun perlu disadari bahwa budaya barat sedikit demi sedikit, dari waktu ke waktu, turut memengaruhi karya sastra Indonesia.
Pernahkah Anda mendengar karya sastra Indonesia modern? Gaya sastra asing (barat) dan pengaruh bentuk menjadi patokan untuk menyebut sastra Indonesia yang modern. Pada kenyataannya, ketika pengarang hidup dalam budayanya, ia mencoba untuk menerima tradisi estetis (gaya barat) dengan budayanya. Penerimaan tradisi estetis tersebut dituangkan dalam karyanya, dijadikan latar/setting pada tulisannya, sekadar memberi warna dalam proses kreatif yang ia lakukan. Akibatnya, sastra lama hanya akan menjadi sebuah artefak. Para peneliti sastra pun menjadi asing dengan tradisi yang dimiliki oleh sejarah panjang sastra di Indonesia, melalui karya-karya sastra yang ada.
Budaya dan sastra memunyai ketergantungan satu sama lain. Sastra sangat dipengaruhi oleh budaya, sehingga segala hal yang terdapat dalam kebudayaan akan tercermin di dalam sastra. Masinambouw mengatakan bahwa sastra (bahasa) dan kebudayaan merupakan dua sistem yang melekat pada manusia. Jika kebudayaan adalah sistem yang mengatur interaksi manusia di dalam masyarakat, bahasa (sastra) adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana berlangsungnya suatu interaksi.


Pangaribawa Sastra dhateng Basa

 Basa menika boten namung gadhah sesambetan kaliyan budaya, ananging ugi nggadhahi sesambetan kaliyan sastra. Basa menika minangka wujud saking menapa ingkang dipunpenggalih dening panyerat. Ingkang dipunwastani sastra menika saged awujud geguritan, novel, cerkak, drama, lan sapanunggalanipun. Panyerat karya sastra menika gesang wonten ing jaman ingkang beda-beda, awit saking beda menika paring mawarni-warni karya sastra. Pramila, wonten pinten-pinten wekdal wonten ing panyeratan karya sastra, kadosta Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan Baru, Angkatan 45, lsp. Saben wekdal menika bektakaken latar ingkang beda miturut jaman saha budaya wonten ing wekdal menika.
Tuladhanipun babagan sastra Indonesia ingkang dados gambaran saking gesang sosial budayanipun masarakat Indonesia. Sastra Indonesia menika ugi asring gambaraken sejarahipun bangsa Indonesia menika. Wonten karya-karya sastra ingkang nyariosaken budaya Indonesia ingkang sampun kecampur kaliyan budaya barat. Ugi wonten karya sastra ingkang nyariosaken babagan adat istiadat, krama, lsp. Wonten jaman menika tiyang estri ingkang dados paraga ingkang mligi wonten ing sastra jaman Balai Pustaka. Wonten ing jaman samenika karya sastra asring nyariosaken babagan katresnan, kulawarga, sains, lsp.
Geguritan wonten ing jaman samenika tamtu kemawon wonten tetandhinganipun, inggih menika saking irah-irahan ingkang dipunginakaken punapa dene basa ingkang dipunginakaken. Tuladha, geguritan Mbeling dening Remy Sylado, taun 2005. Saperangan ageng geguritan Mbeling ingkang dipunserat menika ngemot pagesangan politik, kadostha korupsi, koruptor, individualism, lansapanunggalanipun. Geguritan ingkang dipunserat Remy Sylado menika namung saking 1-2 tembung kemawon saha dipunsusun kanthi tipografi ingkang unik. Tuladha, geguritan ingkang irah-irahanipun “Individualisme dalam Kolektivisme”. Geguritan menika namung saking tembung “kita” saha “aku”. Kalih tembung menika dipunsungsun kanthi pola ingkang wujudipun perseegi panjang, tembung “AKU” dipun serat kapilat ing titik diagonalipun. Menawi dipun tandhingaken kaliyan geguritan ing jamanipun Muhammad Yamin, tamtu kemawon wonten tetandhinganipun. Senadyan temanipun sami, tuladhanipun politik, ananging wos saking geguritaan menika beda.
Tetandhingan antawisipun karya sastra saben wekdal menika boten namung pamanggih saking panyerat, ananging wonten daya saking kahanan sosial, politik, saha budaya ingkang wonten ing jaman samenika. Menawi dipunturut karya sastra sking wiwitan menika saged dipunmangertosi kadospundi kahananan ideology saha kadospundi sejarahipun bangsa Indonesia. Budaya saking barat menika sekdehik-sekdehik paring pangaribawa dhateng budaya Indonesia piyambak.
Samenika sastra lawas namung dados artefak amargi sastra menika dipunlebeti budaya barat.
Budaya saha sastra menika gadhah sesambetan ingkang ageng. Budaya mangaribawani sanget dhateng sastra, satemah sedaya perkawis ingkang wonten ing kabudayan saged dipuntingali wonten ing karya sastra. Masinambouw ngendika sastra (basa) saha kabudayan inggih menika sistem ingkang raket kaliyan manungsa. menawi kabudayan inggih menika system ingkang ngatur hubunganipun  manungsa wonten ing masarakat, menawi basa (sastra) inggih menika sistem kangge srana supados hubungan menika saged mlampah kanthi sae.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar